Sunday, June 23, 2013

SEJARAH PICK GITAR


pick gitar
seseorang sedang menggunakan pick
Pick digunakan sebagai alat bantu bermain gitar. Pick pada dasarnya dibuat menggunakan bahan material seperti : plastik, nylon, karet, kayu, kaca, batu dan metal.
Pick biasanya mempunyai bentuk segitiga dengan sudut yang oval, 2 sudut mempunyai ukuran yang sama, sedangkan sudut 1 lagi berukuran lebih panjang.
Pick sudah di perkenalkan sejak tahun 1920 dimana para pemainnya sudah umumm menggunakanya dengan jempol dan jari telunjuk. Lalu pick dari jaman ke jaman sudah banyak melakukan perubahan dari segi bahan dan material.
Style :
Berbeda jenis lagu, berbeda pula jenis pick yang di pilih pemain gitar, dimana beberapa karakter pick disebutkan di atas yang telah melakukan perubahan dari masa ke masa. Perusahaan pembuat pick menggunakan plastik yang terkenal pada saat itu ialah D’Andrea Picks pada tahun 1922.
Suara :
Bermain gitar dengan pick akan menghasilkan suara lebih jernih dan jelas di banding kita menggunakan dengan jari. Pick juga membuat suara tone gitar menjadi jelas.
Ketebalan Pick :
custom pickPick gitar mempunyai berbagai macam tingkat ketebalan, ada yang tipis dan ada yg tebal, semua biasanya di sesuaikan dengan jenis dan karakter pemain/ lagu yang di bawakan.
Dalam suatu lagu Rock/ Heavy Metal dimana menggunakan gitar elektrik (gitar listrik) pick yang tipis menghasilkan suara keras, berat namun agak sulit di kontrol di lain sisi,  pick yang tebal menghasilkan suara lebih halus, lebih terkontrol dan tone gitar akan terdengar lebih jernih.
Berikut Table susunan tingkat ketebalan pick
diagram_pick
Demikian artikel sejarah pick gitar, semoga dapat bermanfaat untuk kamu, ikuti tips dan artikel berikut.


EmoticonEmoticon