Monday, June 24, 2013

CARA STEM GITAR


Sebelum kita memulai suatu latihan atau pun bermain musik menggunakan gitar, salah satu hal penting lainnya yang harus di perhatikan yaitu menStem Gitar  atau istilah lainnya adalah Tuning Gitar.
Stem Gitar merupakan suara standart yang dihasilkan senar gitar, maka ada perlunya senar gitar anda di setting ke suara standart jadi misalkan anda sedang mendengar lagu kesukaan di radio atau televisi, anda bisa langsung mencocokkan kord lagu tersebut pada setelan gitar anda secara tepat.
Terdapat 3 cara dalam kita menstem gitar, beberapa di antaranya ialah :
1. Stem Gitar Online / Gitar Tuner Online  :
Saya sudah menyediakan tools stem gitar untuk keperluan anda, jadi anda tinggal sesuaikan bunyi senar disini dengan senar gitar di rumah. silahkan klik pada senar di bawah dan sesuaikan dengan senar gitar anda.
Catatan :
Nada pada senar di atas sudah standar internasional (global) yaitu E standart atau biasa di sebut standar 440hz.
setelahnya anda menStem gitar sesuai dgn bunyi tuner di atas, maka setiap lagu yang anda dengar di radio, anda bisa langsung mengetahui kunci gitar lagu tersebut tanpa menebak nebak lagi kunci gitarnya tentunya dengan menyesuaikannya dengan nada pada gitar.
2. Tuner Gitar
Stem gitar juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat bernama Tuner. Alat ini bisa kamu dapatkan di toko gitar terdekat, sbg contoh tuner gitar bisa anda lihat pada gambar di bawah :
tunergitar
Biasanya tuner di dayakan dengan batterai dan konsumi dayanya pun sangat hemat, karena tidak selalu digunakan. Tuner gitar pada umumnya di gunakan untuk Gitar Elektrik dimana terdapat colokan jack yang terhubung antara tuner dan gitar elektrik, ketika kamu petik salah satu senar, maka Tuner akan menandakan kunci apa dihasilkan
dan umumnya di atas jarum digital tuner, terdapat lampu hijau dan merah, cocokkan nada gitar kamu ketika jarum berada tepat di lampu hijau itu mendandakan bahwa nada gitar sudah pas dengan kunci yang dihasilkan.
3. Stem gitar manual menggunakan sistem Fret 5
Disini diumpamakan anda tidak punya Tuner atau tidak bisa mengakses Stem gitar online yang di sediakan di web ini, maka kamu bisa secara mandiri menStem gitar dengan Feeling.

Sumbernya dari sini...


EmoticonEmoticon